Penulis Skenario Film, Antara Niat dan Bakat

menjadi-penulis-skenarioAnda tertarik menjadi script writer atau penulis skenario? Untuk menjadi penulis skenario, anda harus memiliki beberapa modal berikut ini:

Inilah Modal yang Harus Dimiliki untuk Menjadi Penulis Skenario

Niat Menjadi Penulis Skenario

Niat ini adalah ketekatan hati seseorang untuk bertindak. Awalnya dari niat ini kemudian mewujud dalam bentuk tindakan. Niat inilah yang menjadi landasan seseorang memutuskan untuk melakukan sesuatu. Bisanya niat ini timbul karena adanya suatu minat terhadap hal yang akan dilakukan. Ketika seseorang tertartik untuk menjalani perofesi sebagai penulis skenario maka itu yang akan menjadikan orang tersebut berniat untuk menjalaninya.

Motivasi Menjadi Penulis Skenario

Semua tindakan manusia dilatar belakangi dengan motivasi atau dorongan tertentu hingga ia melakukannnya. Apa pun motivasinya; apakah sekadar untuk mengekspresikan diri, menunujukkan eksistensi diri, mencari popularitas, atau untuk medapatkan financial. Tentukan motivasi anda sekarang, agar anda memiliki gairah dalam menjalani profesi ini.

Kemampuan

Untuk menjadi sopir pribadi misalnya kemampuan yang wajib dimiliki adalah kemampuan menyetir atau mengemudikan kendaraan. Ini tidak bisa ditawar lagi, karena ini skil dasar yang dibutuhkan dalam profesi tersebut. Sama halnya untuk menjadi penulis skenario, kemampuan inti yang harus dimiliki adalah kemampuan menulis. Kabar baiknya, kemampuan menulis pada dasarnya dimiliki oleh siapa saja. Kita mampu menulis karena kita telah terbiasa menulis, apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini yang membuat  hari-hari kita tak lepas dari kegitatan menulis. Menulis imel, status di jejaring sosial, atau sekadar menulis sms menjadi ‘makanan pokok’ masyarakat modern. Kemampuan menuangkan pikiran/ide dalam tulisan ini merupakan modal yang bisa digunakan untuk merintis karir sebagai penulis skenario. Seiring berjalannya waktu kemampuan ini akan terus meningkat. Semakin sering anda menulis semakin mahir pula kemampuan anda.

Pengetahuan Teknis Menulis

Seorang penulis skenario harus mengetahui dan memahami hal-hal teknis dalam penulisan skenario. Termasuk hal-hal yang  sangat detil seperti istilah dalam penulisan skenario dan hal-hal yang menyangkut dengan kontrak kerja. Jika anda tidak memilki dasar pendidikan penulisan skenario, dan hal teknis penulisan skenario belum anda kuasai, jangan khawatir kami akan share kepada anda mengenai  teknik penulisan skenario tersebut dari A hingga Z disertai contoh skenario film yang bisa anda jadikan referensi belajar. Baca semua artikelnya yah! Selain di webisite ini anda juga bisa belajar menggunakan buku panduan yang bisa anda beli di toko buku, dengan semakin berkembangnya industry film dalam negeri semakin banyak buku yang membahas tentang menulis skenario.

Wawasan Luas

Memiliki wawasan yang luas menjadi syarat penting dalam profesi ini. Membuat  skenario sama saja seperti menciptakan dunia baru, dari penokohan, konflik, alur cerita lengkap dengan latar belakangnya dan lain sebagainya.  Untuk menciptakan semua itu dibutuhkan pengetahuan yang mempuni agar realita cerita nampak nyata, seperti kehidupan yang sebenarnya. Intinya untuk menjadi penulis skenario seseorang harus update terhadap perkembangan zaman, mampu memahami dan mengerti kehidupan sekitar, atau objek yang akan dijadikan cerita.

Network

Jaringan atau network ini sangat diperlukan untuk menjadi penulis skenario. Dalam industry film karir maupun jenjangnya lebih ekslusif. Untuk menjadi seorang penulis skenario, anda tidak bisa serta merta mengajukan lamaran kemudian diterima. Tapi membutuhkan kepercayaan yang perlu dibangun. Sebagai contoh Jujur Prananto, harus mengawali karir menulisnya menjadi seorang cleper pada PH, dalam masa itu beliau menulis cerpen dan dikirim di media cetak, dari karya-karya itulah kemudian beliau dipercaya. Lagi-lagi teknologi telah memudahkan kita. dengan bantuan teknologi membangun network itu menjadi semakin mudah. Ada bisa berkenalan dengan para penulis senior, produser, sutradara melalui jejaring sosial. Anda juga bisa aktif di forum-forum penulisan yang memungkinkan anda berinteraksi dengan mereka, serta masih bayak lagi cara yang bisa anda gunakan untuk membangun network.

Kemampuan Komunikasi Efektif

Kemampuan berkomunikasi yang baik juga merupakan faktor penentu kesuksesan anda dalam menjalani profesi penulis skenario. Sebab film merupakan karya kolektif dari berbagi macam keahlian orang yang terlibat di dalamnya. Sebagai penulis skenario anda harus berinteraksi dengan mereka terutama dengan produser dan sutradara yang akan berkerjasama dengan anda dalam menggodok ide cerita menjadi sebuah skenario. Penggodokan ide skenario itu disebut dengan istilah meeting triangle, yang melibatkan penulis skenario, sutradara, dan produser. Kemampuan komunikasi yang efektif inilah yang sangat dibutuhkan dalam tahapan ini, karena tak masing-masing pihak mengungkapkan pendapatnya, beradu argumentasi, dan bernegoisasi  pada bagian-bagian tertentu untuk menghasilkan skenario bisa di filmkan.

 

11 thoughts on “Penulis Skenario Film, Antara Niat dan Bakat

  1. Irwan Key

    Dikepala saya begitu banyak ide-ide cerita setiap hari dan setip malam slalu saja memiliki banyak cerita..akan tetapi saya tidak tahu harus memulai dari mana untuk menuangkan semua cerita yang selalu ada didalam kepala saya
    untuk jadi sebuah karya besara yang mungkin dapat dinikmati dan bermanfaat masyarakat luas.

    tolong berikan pasword untuk dapat saya jadi referensi tulisan saya

    terima kasih
    regards
    Irwan Key

    Reply
    1. admin Post author

      Harus mulai dari keberanian menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Pada tahap awal sebaiknya tulislah semua ide yang anda miliki, apapun bentuk dan jadinya tulisan itu, yang penting anda sudah take action jadi penulis. Kemudian ingin anda jadikan apa tulisan tersebut, novel, skenario atau bentuk lainnya.

      Reply
  2. May Rusli

    dears
    Saya mempunyai banyak ide cerita tetapi sulit untuk menerjemahkan nya dan bagaimana menuangkannya karena saya bukan penulis yang baik mungkin karena terlalu banyak imajinasi yang sering saya dapatkan tentang kehidupan sehari hari dan dari situ timbul imajinasi tersebut mungkin bisa untuk FTP or sinetron tetapi saya tidak tau cara mengungkapkannya.
    Terima kasih atas waktunya

    Thx may rusli

    Reply
    1. admin Post author

      ekseskusi saja idenya menjadi sebuah karya. nggak harus sempurna, tetapi ide itu harus berwujud, minimal menjadi sebuah sinopsis cerita.

      Reply
  3. Rasni ajuai

    Asslmuallaiqm,,
    Dri kecil sya ska mnulis,hingga saat in,
    Sya ingin skali jdi pnulis skenario tpi gk tw hrus mmulai drimna.
    Ada bnyak ide yg ada d kpala sya tpi blm trbntuk mnjdi stu crita.
    Krna sya blm tau hrus mmulainya drimna.
    Mhon bntuannya min, mksih..

    Reply
    1. admin Post author

      walaikumsalam
      mulai dari belajar menulis skenario yang benar. kemudian bergabunglah dengan komunitas yang bisa meningkatkan skil penulisan anda, di facebook banyak komunitas penulis skenario, tingkatkan skil dan bangun relasi untuk mencapai keinginan anda.

      Reply
  4. akhdiyat setya purnama

    Perkenalkan nama saya Akhdiyat Setya P, saya sedang merintis karir menjadi seorang penulis naskah film, namun saya tidak punya background sebagai penulis atau bukan berasal dari komunitas penulis. Ketertarikan mencoba menulis naskah adalah karena kegemaran saya untuk menonton film. Baru-baru ini saya mencoba kirimkan sebuah naskah ke rumah produksi di Jakarta tapi belum ada respon, bahkan ketika saya menyerahkan saya disarankan agar merubahnya dalam bentuk novel karena rumah produksi tersebut lebih suka memilih cerita yang berasal dari novel laris.

    Beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan al :
    1. Apakah peluang saya terbukan untuk menjadi penulis naskah?
    2. Apakah setiap naskah yang saya buat harus dibuat novelnya ?
    3. Apakah saya boleh kirimkan naskah saya ke beberapa Rumah Produksi?
    4. Apakah karya saya aman dari pembajakan ?

    Mohon sharingnya dan tks atas kesempatan yang diberikan.

    Best regards,

    Akhdiyat Setya P

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>