Contoh Skenario Film Berkualitas

contoh-skenario-film-berkualitasContoh skenario yang kami sajikan di website ini merupakan contoh skenario film pilihan yang ditulis oleh penulis skenario profesional yang sudah lama eksis di dunia perfilman nasional.  Diantaranya contoh skenario yang kami sajikan ini telah di download oleh ribuan pembaca skenario.net adalah naskah skenario episode 1 serial TV  Ada Apa Dengan Cinta yang ditulis oleh Jujur Prananto, Kiamat Sudah Dekat  karya Musfar Yasin, dan Doa Yang Mengancam karya Jujur Prananto.

Contoh skenario ini sengaja kami sajikan sebagai sarana partisipasi menambah khasanah perfilman nasional. Kami menyadari tidak semua orang bisa mendapat akses untuk memperoleh naskah skenario tersebut. Padahal contoh skenario film sangat berguna bagi penulis maupun calon penulis skenario untuk menambah pengetahuannya tentang skenario film Indonesia.

Naskah skenario film Indonesia yang dibukukan masih bisa dihitung dengan jari. Contoh skenario yang dibukukan antara lain Ada Apa Dengan Cinta  (Jujur Prananto), Arisan (Nia Dinata), Gie (Riri Reza), dan yang paling popular adalah naskah skenario yang tak sempat difilmkan AKU (Syuman Djaya). Umumnya naskah skenario yang dibukukan tersebut dikemas satu paket bersama behind the scene.

Kami sebagai pengelola website skenario.net berharap contoh skenario ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para calon penulis skenario, atau siapa saja yang  berminat memelajari ilmu penulisan skenario.

Semoga contoh skenario ini bisa menjadi benchmark bagi penulis muda untuk menghasilkan skenario bekualitas, seperti skenario yang dipelajarinya.

Selamat belajar penulis muda, dunia perfilman Indonesia menunggu karya anda.

 

15 thoughts on “Contoh Skenario Film Berkualitas

  1. Jefri

    Kalau saya membuat skenario dengan format seperti skenario film Hollywood apakah tidak masalah saya mengirimnya ke rumah produksi?

    Reply
  2. bunga nur nisa

    saya sedang belajar menulis artikel,novel,skenario, saya ingin ada bimbingan atau memberikan salah satu skenario film indonesia yang anda buat. terimakasih

    Reply
  3. jarkoni,S.Pd

    Kalau saya kepingin jadi penulis cuman sayang karya saya suka di curi orang,karena suara hati saya bisa di dengan manusia siluman yang memiliki jimat menghilang,alias orang yang muja ingin kaya aneh tapi nya bung.

    Reply
    1. admin Post author

      penulis skenario tidak dilihat dari latar belakang pendidikan, tapi dilihat dari karya. jika karyanya bagus, dan memilikii nilai jual, bahkan seorang yang tidak pernah mengenyam pendidikan formal sama sekalipun bisa diterima.

      Reply
  4. marikyadit

    Sangat-sangat terimaksih yg membuat website ini. Bagi kami yg sedang belajar jadi penulis. contoh inilah yang harus kami pelajari. Kami hanya penjual asongan dan cuma lulusan SD tahun 2000 karna melanjutkan sekolah ke smp/sma orang tua kami sangat mustahil untuk membiayainya mungkin keadaan ekonomi keluarga kami kurang beruntung.. ingin sekali cita-cita menjadi seorang penulis dalam bentuk apapun. Kami sangat ingin berkarya untuk bangsa mengabdi pada negara. tapi kami mungkin bisa belajar membuat cerita komedi,religi,cerita cinta dll. Tapi kami hanya orang bodoh yg tidak tau memasarkannya. Jika bapak/ibu yth. Bisa mempromosikan ide-ide cerita kami bisa hbg.082227548411 terimakasih

    Reply
  5. maizan

    selamat siang mas/mbak admin, saya penulis muda. baru saja menerbitkan novel pertama tentang pendidikan kedokteran, terbitan GPU. bagaimana saya bs mengolahnya menjadi bentuk lain? apakah PH menerima bentuk buku/sinopsis global/skenario full? atau bentuk apa yang sebaiknya saya kirimkan ke PH? saya pikir dengan mengolahnya menjadi bentuk lain, akan semakin banyak yang memperoleh manfaat dari cerita yang saya buat. terimakasih sebelumnya mas/mbak admin

    Reply
    1. admin Post author

      Biasanya PH, mau mengadaptasi novel menjadi film itu dengan beberapa pertimbangan, diantaranya novel best seller, dan bisa juga novel dengan cerita yang berbobot. Biasanya kalo novel tersebut menarik perhatian produser, maka ia akan menugaskan penulis skenario untuk bikin sinopsisnya, baru kemudian diproses menjadi skenario lengkap dan biasanya proses ini melibatkan penulis novel atau pemilik cerita. Sukses buat novelny yah.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>