Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Menulis Skenario

Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Menulis Skenario dapat diperoleh dengan bermacam cara sesuai dengan situasi dan kondisinya. Ada yang bilang ide dalam menulis itu ibarat ilham yang hadir disaat yang paling tepat, terjadi secara tiba-tiba. Dalam otak kita setiap harinya terlintas banyak ide yang mungkin menarik datang silih berganti. Namun demikian ide itu harus di follow up dan dikelola dengan baik untuk mewujudkannya menjadi sebuah karya skenario.

Sebagian penulis menyarankan untuk mengelola ide kita harus menyiapkan cacatan kemana pun kita pergi, dengan harapan  saat ada ide cerita skenario melintas di otak secepatnya bisa ditulis, ini yang akan membuat ide itu bisa dikembangkan kemudian, dibanding dengan menggunakan daya ingat. Hal semacam ini menjadi semakin mudah di era yang serba canggih ini. Mungkin kita tak memerlukan lagi noteblock atau buku agenda yang mesti ditenteng ke mana pun kita pergi, smartphone  telah mewakili semuanya. Kita bisa menulis ide yang ‘mampir’ ke kepala kita dengan feature note atau paling tidak kita bisa menggunakan fasilitas kotak sms untuk menuliskan ide itu agar tidak keburu hilang.

Tips Cara Menemukan Ide Kreatif

Namun sebagai penulis kita mesti proaktif untuk mendapatkan ide-ide itu. Kita tak perlu menunggu datangnya wangsit atau ilham. Sejatinya ide-ide itu bisa kita dapatkan dari media massa, dari lingkungan sekitar atau dari cerita orang lain, dalam hal ini penulis skenario dituntut untuk peka terhadap lingkungan sekitar dan respon terhadap peristiwa yang terjadi di sekelilingnya. Untuk rinciannya ini ada beberapa sumber ide yang bisa kita gali sebagai berikut:

  1. Lingkungan Sekitar
    Lingkungan dapat memberikan sumbangan ide cerita yang terbesar dalam kehidupan kita, lingkungan secara sadar dan tidak sadar juga mempengaruhi karakter seseorang. Lingukungan sekitar inilah yang kalau kita jeli bisa menjadi sumber inspirasi untuk membuat skenario film. Coba kita lihat sekitar tempat tinggal, kita melihat tetangga kita, setiap hari ada orang yang berlalu lalang didepan rumah kita. Bukankah ini juga sumber inspirasi yang tiada habis.
  2. Pengalaman Pribadi
    Pengalaman diri sendiri juga bisa menjadi ide dalam sebuah cerita. Dengan mengalami peristiwa itu sendiri, seorang penulis skenario lebih menghayati, dan kalau dikelola dengan benar ini akan menjadi cerita yang memiliki soul lebih dibanding cerita berdasarkan ide yang lain, karena penulis benar-benar terlibat dalam peristiwa yang diangkat dalam film tersebut.
  3. Berita Media Massa
    Berita merupakan reportase berbentuk audio, audio visual, atau teks yang ceritanya diambil berdasarkan kejadian yang sesungguhnya. Berita dibuat oleh seorang jurnalis yang kemudian dipublikasikan melalui media massa baik cetak maupun elektronik. Setiap hari, setiap menit, setiap detik kita dihujani berita. Jika kita jeli dari banyaknya peristiwa yang diberitakan itu pasti bisa menjadikan sumber ide cerita yang bisa kita olah menjadi sebuah skenario.
  4. Membaca Buku
    Buku memberikan kita akan informasi yang sangat luas, tak heran jika ada yang berujar bahwa “buku adalah jendelanya dunia,” dengan buku kita bisa memperoleh informasi dari apa yang kita baca. Apakah itu buku fiksi atau non fiksi semua bisa menjadikan inspirasi bagi seorang penulis yang kemudian disintesis menjadi bentuk cerita dalam skenario.
  5. Mendengarkan Musik
    Mendengarkan musik bisa membangkitkan ide, dalam musik biasanya bercerita tentang suatu peristiwa, seperti jatuh cinta, dihianati, perjuangan hidup yang tertata apik dalam sebuah lirik. Jika ini kita kembangkan dalam bentuk visual dari lirik tersebut mungkin sudah menjadi 1 film tersendiri.
  6. Curhatan Temen
    Curhatan temen bisa menjadi sumber ide cerita yang menarik. Oleh karenanya sebagai penulis skenario hendaknya mau meluangkan waktu untuk bergaul dengan orang-orang dengan berbagai karakter. Investasikan waktu untuk menerima curhatan teman-teman yang membutuhkan kita, selain ini dapat membantu teman kita lebih ‘plong’ siapa tahu kita bisa mendapatkan ide yang menarik untuk dituangkan dalam skenario.
  7. Dari Produser
    Ide skenario dari produser ini yang paling lazim dalam industri film, terlebih karena seorang produser adalah orang yang mempertaruhkan kapitalnya demi terwujudnya sebuah film. Seorang penulis umumnya mendapatkan job dari seorang produser untuk menggarap proyek skenario untuk film akan di produksi. Sebagian besar penulis skenario mendapatkan tugas untuk menulis skenario setelah ide cerita ada ditangan produser. Ia tak dipusingkan untuk mencari ide apa dalam proyek film tersebut. Pada tahapan ini wawasan dan pengalaman penulislah yang dituntut untuk mengembangkan ide cerita menjadi skenario utuh yang siap diproduksi.

Ternyata mudah ya menemukan ide  cerita untuk bikin skenario. Siap berkarya sineas muda Indonesia.

Selamat Berkarya!

3 thoughts on “Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Menulis Skenario

  1. Alia Wisata

    Makasih atas artikelnya, terkadang kita memang mengalami kemacetan saat menulis…. panduan diatas sangat membantu.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>