Cara Membuat Skenario Film Agar Lebih Dramatis

Cara-Membuat-Skenario-Film-Agar-Lebih-DramatisDramatisasi atau keadaan dramatik ini terjadi bila ada action. Menurut Misbach Yusa Biran dalam bukunya Teknis Menulis Skenario Film Cerita, action itu merupakan gerak secara visual, gerak dalam pikiran maupun gerak dalam perasaan. Berikut ini adalah tips cara membuat skenario film agar lebih dramatis.

Identifikasi Konflik untuk kebutuhan Skenario

Suatu tindakan terjadi karena adanya motivasi. Lalu bagaimana proses tersebut bisa terjadi?

Seperti permukaan air danau yang diam. Semula seperti itu, seteleh ada yang melempar batu kedalam air tersebut, akan timbul riak gelombang sebagai reaksi jatuhnya batu di permukaan air, bahkan jatuhnya batu itu juga menimbulkan bunyi.

Dapat disimpulkan bahwa terjadinya dramatisasi karena adanya action, dan action terjadi bila ada motivasi, atau sesuatu yang menggerakkan protagonis untuk melakukan suatu hal.

Sebagai contoh pada film Kiamat Sudah Dekat yang skenarionya ditulis oleh Musfar Yasin. Salah satu dramatisasinya adalah ketika si Fandi harus serius belejar agama, dari awalnya seorang rocker yang slengean, lahir di Amerika yang notabene sebagai negara yang menganut faham liberalis, dan sangat jauh dari agama. Ketika dalam waktu yang singkat dia harus bisa sholat, mengaji, dan memahami ilmu agama, demi untuk mendapatkan cintanya. Itu menjadi perjuangan yang luar biasa.

dramatisasi-skenario-1

Tokoh Fandi-Kamat Sudah Dekat

Hal ini menjadi menarik karena penonton yang sudah pasti berpihak  pada tokoh protagonist  akan dibawa pada perasaan ragu apakah si Fandi dapat menguasai tantangan itu dalam waktu singkat. Penonton terus dibuat penasaran.

Kemudian ketegangan itu menurun saat Fandi lulus tes sholat dan mengaji. Namun kemudian tensi cerita kembali ditingkatkan, hingga jalannya cerita semakin tegang. Saat Haji Romli mengajukan satu syarat lagi kepada Fandi sebelum melamar Sarah yaitu agar Fandi mengusai ilmu ikhlas.

Gangguan

Gangguan dalam hal ini bisa berupa apa saja, sifat dari gangguan disini mengusik tokoh utama. Sifat gangguan itu bisa berupa bahagia atau kesusahaan, seperti tokoh utama yang jatuh cinta, dihianati, ditindas, dapat uang dan lainnya. Gangguan yang dialami tokoh utama ini yang menimbulkan motivasi tokoh utama untuk menyelesaikannya. Kembali lagi pada contoh skenario film Kiamat Sudah Dekat gangguan yang dialami tokoh utama adalah ketika ia jatuh cinta pada Sarah yang latar belakangnya anak seorang anak ustadz. Hal ini sangat kontras dengan kehidupan Fandi.

Action

Action ini lahir atas dorongan motivasi, dengan keadaan yang terganggu tersebut maka protagonist berusaha bertindak untuk menyelesaikan atau menghilangkan keadaan terganggu tersebut. Maka dapat di simpulkan bahawa sifat action adalah: berusaha secepatnya mencapai tujuan, dan action tidak akan berhenti sebelum mencapai tujuan, maka action akan melawan kalau jalannya dihambat.

Tujuan/Goal

Goal atau tujuan ini adalah dimana tokoh utama berusaha menyelesaikan masalahnya, setelah hal yang mengganggu itu terselesaikan maka ia akan mendapatkan tujuan. Ia akan mendapatkan hasil yang ia perjuangkan. Seperti Fandi yang mati-matian belajar ilmu agama untuk meminang  Sarah menjadi istrinya. Silahkan download contoh skenario di sini.

Saatnya anda Menulis Skenario

Setelah anda memahami motivasi karakter yang hendak anda tampilkan dalam Skenario, maka anda mudah menyusun plot untuk kebutuhan skenario anda. Sekian tips cara membuat skenario film agar lebih menarik, semoga bermanfaat untuk anda yang sedang serius belajar menulis skenario.

3 thoughts on “Cara Membuat Skenario Film Agar Lebih Dramatis

    1. admin Post author

      itu perkiraan penulis yang sudah terbiasa menulis skenario film. Namun faktanya memang demikian rata2 satu lembar naskah akan menjadi durasi satu menit cerita saat diterjemahkan kedalam visual, jika kita mengikuti cara penulisan yang benar.

      Reply
  1. IDRIS ASMAN ALI

    Terima kasih masukannya..KIAMAT SUDAH DEKAT itu dulu…Saya mau buat skenario sinetron KIAMAT MASI LAMA…Ada yang mau bantu merealisasikannya…Di tunggu PIN : 54F7119E

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>